Service Excellence



Hai.. Hai ceman - ceman, bertemu lagi dengan saya.. Saya akan menerangkan atau menjelaskan tentang Service Excellence ( Pelayanan Prima ).

Pelayanan dalam kamus bahasa Indonesia menyatakan pelayanan merupakan usaha melayani kebutuhan orang lain. Pada dasarnya pelayanan itu sendiri adalah kegiatan yang ditawarkan kepada konsumen yang bersifat tidak wujud dan tidak dapat dimiliki. 
Karakteristik pelayanan sebagai berikut :
1. Sifatnya tidak bisa diraba, berlawanan sifatnya dengan produk barang jadi yang berwujud.
2. Merupakan tindakan nyata.
3. Kegiatan produksi dan konsumsi tidak dapat dipisahkan secara nyata. 


Kalau pelanggan adalah seseorang yang membeli barang atau jasa di suatu tempat. Kebutuhan pelanggan sering disebut dengan harapan pelanggan, kita juga harus mengetahui jenis - jenis pelanggan.  Pelanggan dibagi menjadi 2 ( dua ), yaitu :
1. Pelanggan Internal 
Pelanggan internal adalah mempunyai tahap untuk mendapatkan barang dari pihak penjual. 

2. Pelanggan Eksternal
Pelanggan eksternal adalah orang yang berada di luar pemasaran dan menerima produk atau barang untuk digunakan sendiri. Pelanggan juga merangkap sebagai konsumen, membeli barang secara berkelanjutan pada penjual. 

Tingkat Kepuasan pelayanan 
1. Basic : minimum, masih bisa diterima.
2. Expected : rata - rata masih mencukupi atau terpenuhi.
3. Desired : preferred atau terpilih sesuai dengan harapan pelanggan.
4. Unanticipated : Surprising yang menyenangkan dengan memberikan nilai plus.

Keuntungan bagi pelayanan
  • Better Service adalah pelanggan menerima nilai yang besar dari setiap keputusan bertransaksi.
  • Orang tidak hanya membeli produk, tetapi mereka butuh bantuan untuk memutuskan yang terbaik, dukungan dalam proses berlangganan dan edukasi dalam pemakaian dan jaminan kualitas. Extra Service penting karena menghasilkan value customer. 
  • Quality Service menghasilkan pelanggan yang selalu happy ( bahagia ) dengan keputusan memilih produk dan layanan. 
  • Pelanggan yang menerima Excellent Service merasa positif dan terjamin terhadap keputusan dalah memilih bertransaksi. 
  • Superior Service menciptakan rasa aman pada pelanggan pada setiap pertanyaan tentang masalah akan dilayani secara profesional. 
  • Red Carpet Service memperluas jaringan pelanggan terhadap service provider, dengan merekomendasikan kualitas service yang diterima, pelanggan ingin rekan atau orang lain dapat menikmati kualitas yang sama dan secara tidak langsung reputasi positif juga merefleksikan diri pelanggan. 
  • World Class Service memberikan pelanggan hak khusus dalam penyampaian pengalaman positif kepada teman dan keluarga. 
  • Up Your Service meningkatkan penghargaan ke pelanggan maupun ke service provider.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gamelan Jawa

Communication

Self Development and My Job