Complaint



Hello blogger ..... 

Kali ini saya akan membahas tentang " Complaint "

Apa ya Complaint itu? 

Complaint adalah ekspresi yang dihasilkan karena ketidaksesuaian kenyataan dengan keinginan seseorang. Complaint bukanlah suatu hal yang harus ditakuti melainkan diperhatikan ataupun dikendalikan dengan baik. Sedangkan complaint terhadap konsumen adalah mencakup tindakan konsumen yang berbeda apabila mereka tidak puas dengan suatu pembelian ( pelayanan ).

Jenis complaint terhadap konsumen :
1. Mechanical Complaints ( Keluhan Mekanik ) biasanya terjadi pada perlengkapan - perlengkapan mekanik.
misalnya : meja atau kursi yang patah, lampu mati pada restoran, mall maupun perumahan.
2. Atitudinal Complaints ( Keluhan Sikap ) disebabkan karena staff yang mempunyai sikap buruk dalam melayani pelanggan.
3. Service - Related Complaints ( Layanan - Terkait Keluhan ) buruknya dalam sebuah pelayanan. 
Misalnya : Terlalu lama menunggu makanan atau minuman yang telah dipesan, tidak tersedianya alat makan diatas meja, cara menyambut tamu kurang ramah dan ekspresi wajah.
4. Unusual Complaints ( Keluhan yang tidak biasa) pelanggan dapat keluhan karena tidak ada ruangan yang khusus bagi yang tidak merokok atau tidak nyaman di dalam restoran.

Tipe konsumen :  

1. Tipe konsumen pendiem 
Konsumen tipe yang seperti ini biasanya  tidak terlalu banyak bicara. 
2. Tipe konsumen cerewet
Tidak memancingnya, tetapi konsumen tipe seperti ini biasanya sangat aktif berbicara ataupun mudah diajak berbicara dengan gaya yang santai dan akrab. 
3. Tipe konsumen arogan 
salah satu konsumen yang sulit menerima pendapat orang lain dan menganggap pendapatnya yang paling benar.
4. Tipe konsumen sombong
Dimaknai sebagai seseorang yang terlalu bangga dengan dirinya sendiri dan suka banyak berbicara sering kali memamerkan kemampuannya apa yang dimiliki.
5. Tipe konsumen hemat
Orang yang terlalu memperhitungan untung atau rugi dan memanfaatkan hal yang akan dibelinya.
6. Tipe konsumen Pembanding
Sangat paham akan produk yang ditawarkan, maka tipe konsumen ini lebih menguasai produk kompetitor. Setiap penjual selalu mengunggulkan kualitas produk sendiri dan merendahkan produk pihak lain. 

Bagaimana cara menangani complaint ( keluhan ) terhadap pelanggan?
1. Dengarkan keluhan pelanggan dengan penuh perhatian
2. Ucapkan terimakasih atas informasi keluhannya dan minta maaf
3. Sampaikan masalah tersebut akan diselesaikan secepatnya
4. Berilah pelayanan yang lebih atau memberi bonus kepada pelanggan


intinya adalah janganlah mengabaikan complaint ( keluhan ), karena complaint dapat memberikan keuntungan bagi diri sendiri dan orang lain. Demikian pengetahuan dari saya, semoga dapat bermanfaat dan memberi masukan bagi pembac. 
Sekian dan terimakasih. Salam sejahtera.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gamelan Jawa

Communication

Self Development and My Job