Kepribadian dan Pekerjaan

Hai kawan..! Kali ini saya akan membagi padangan saya tentang kepribadian yang ada kaitannya dengan karir yang kita inginkan. Pertama-tama saya akan membahas apa sih kepribadian? Kepribadian adalah tingkah laku, kebiasaan, dan reaksi seseorang secara positif ataupun tidak dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya bahkan dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Mungkin dari kita sudah banyak yang mengetahui jenis-jenis kepribadian, yaitu koleris, sanguinis, melankolis, plegmatis. 



  SANGUINIS :


Sikap positif (+) adalah orang yang berkepribadian hangat, bersahabat, berbelas kasihan, responsif, antusias, ramah, banyak bicara.

Sikap negatif (-) adalah orang yang berkepribadian tidak disiplin, emosi labil, tidak produktif, egosentris, membesar - besarkan masalah.





  MELANKOLIS :


Sikap positif (+) adalah orang yang berkepribadian berbakat, analitis, perfeksionis, tekun, disiplin, rela berkorban.

Sikap negatif (-) adalah orang yang berkepribadian pemurung, pembalas, berpusat diri sendiri, berpikir negatif, kurang bermasyarakat, perasa, teoritis.




   KOLERIS :


Sikap positif (+) adalah orang yang berkepribadian berkemauan keras, independen, memiliki visi, praktis, produktif, tegas, pemimpin.

Sikap negatif (-) adalah orang yang berkepribadian dingin, cepat puas diri, ceroboh, dominan, sulit mengampuni, sarkastis, pemarah, kejam.




 PLEGMATIS :


Sikap positif (+) adalah orang yang berkepribadian tenang, kalem, obyektif, diplomatis, efisien, teratur, cuek, tidak peduli, praktis humoris, dapat diandalkan.

Sikap negatif (-) adalah orang yang berkepribadian cepat kuatir, penakut, suka menunda - nunda, tidak punya motivasi, cari aman sendiri, tidak tegas, kikir, egois.


Dari jenis-jenis kepribadian yang saya sebutkan adalah kepribadian yang secara umum kita ketahui. Sekarang saya akan memberikan jenis terbaru dalam kepribadian yaitu: 


  1. Introvert : orang yang menyukai komunikasi secara tidak langsung, menerima suatu ide dengan hati-hati, dan tidak terlalu banyak bicara.
  2. Extrovert : orang yang bersemangat, suka bicara, pandai merangkai kata, senang berinteraksi dengan orang, dan lebih senang berkomunikasi dengan tatap muka langsung.
  3. Sensing : orang yang suka menyampaikan pendapat atau informasi berdasarkan fakta, menyukai rutinitas, bertindak hati-hati, dan penuh perhitungan.
  4. Intuition : orang yang suka memecahkan masalah, senang dengan tantangan, menyukai perubahan, inovatif, dan bersemangat.
  5. Thinking : orang yang kritis, mempertimbangkan pro dan kotra dengan baik, menyukai hal yang singkat, padat dan jelas.
  6. Feeling  orang suka mempertimbangkan suatu masalah dengan cara alternatif, dan menyukai sesuatu yang bersifat personal.
  7. Judging : orang yang suka membuat kesepakatan, mempunyai target dan batas waktu, mengharapkan orang lain sesuai dengan jadwal, dan fokus pada tujuan. 
  8. Perceiving : orang yang tidak suka dengan jadwal yang ketat, suka dengan hal-hal tidak terduga dan dapat menyesuaikan diri, fokus pada kebebasan, dan tidak berpendirian tetap. 
Dari 8 jenis kepribadian yang saya jelaskan di atas, saya pribadi adalah orang yang Extrovert, Sensing, Thinking dan Perceiving. Saya akan memberikan penjelasan tentang profesi apa yang cocok untuk orang yang Extrovert, Sensing, Thinking dan Perceiving.  

Beberapa profesi yang cocok untuk tipe kepribadian Extrovert, jika dibekali pelatihan yang tepat, antara lain : 

  1. Public Relations Manager : Membuat perusahaan, brand atau produk dikenal di masyarakat luas adalah pekerjaan PR/hias yang membutuhkan kepribadian orang yang ramah, sangat cocok untuk extrovert. Pekerjaan ini memintamu untuk tetap menjalin hubungan yang baik dalam berbagai jenis platform media untuk mewakili klienmu dan membentuk imej publik. Pekerjaan ini membutuhkan orang yang mempu menghadapi berbagai jenis situasi yang terkadang menyulitkan dan membentuk ekspektasi orang-orang.
  2. Customer Service Assistant : Asisten CS ini merupakan posisi yang membutuhkan orang terpercaya untuk menghadapi complain, masalah teknis, penjualan, dan hal-hal lainnya. Jika kamu lebih cocok bekerja yang berhubungan dengan orang lain, menghadapi pelanggan akan memberikan energi dalam pekerjaanmu.
  3. Event Planner : Kamu dituntut untuk sangat mobile, berlari kesana-kemari saat mengatur sebuah  acara, meeting, dan private party untuk kepentingan bisnis dan perusahaan. Dalam peran ini, penting untuk bisa enjoy saat bekerja dengan banyak orang, yang mana merupakan pilihan terbaik untuk si extrovert. Seorang perencana acara/event akan berbicara dengan klien untuk mengetahui visi mereka mengadakan sebuah event dan kemudian bertemu dengan supplier  dan manajemen venue dan staffnya untuk mendiskusikan penawaran, menegosiasikan kontrak dan melakukan pemeriksaan pada hal-hal secara mendetail.
  4. Advertising Sales Executive : Jika kamu merasa mengangkat 50 telepon setiap harinya membuatmu merasa tidak nyaman, maka pekerjaan sales ini tidak cocok untukmu. Tapi jika kamu lihai dalam menjual berbagai produk maupun jasa, maka pekerjaan ini sangatlah cocok untukmu. Kamu harus terus berinteraksi dengan banyak orang setiap harinya untuk membuat produkmu laku di pasaran dan menggali insight pada perilaku manusia.
  5. Teacher/Teaching Assistant : Apakah itu mengajar anak-anak di sekolah, mahasiswa di kampus ataupun skill kejuruan untuk semua usia, menjadi seorang pengajar/guru menuntut dedikasi tinggi sebagai seorang pendidik. Seorang extrovert adalah orang yang senang mengenal banyak orang dan pada dasarnya sangat peduli, mereka  bisa menjadi seorang guru yang hebat. Faktanya, seorang pengajar butuh untuk membangun hubungan yang kuat dengan muridnya agar mampu memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap materi yang diajarkan.
Beberapa profesi yang cocok untuk tipe kepribadian Sensing antara lain :
  1. Dekorator Interior
  2. Desainer
  3. Perawat
  4. Pengelola, dan Manajer
  5. Asisten Administratif
  6. Pekerja Sosial / Penasihat
  7. Pembantu Pengacara
  8. Bidang Keagamaan
  9. Pimpinan Usaha
  10. Pemilik Toko
  11. Manager Keuangan
  12. Konsultan Ekonomi Rumahan
Beberapa profesi yang cocok untuk tipe kepribadian Thinking antara lain :

  1. Insinyur
  2. Konsultan management
  3. Developer
  4. Programmer
Beberapa profesi yang cocok untuk tipe kepribadian Perceiving antara lain : 

  1. Badan Meteorologi dan Geofisika
  2. Badan Pusat Statistik
Jadi menurut saya setiap orang yang punya kepribadian dapat menyalurkannya sesuai dengan pekerjaannya masing-masing tergantung bagaimana cara pandang kita terhadap pekerjaan kita dan bagaimana cara kita dapat menyikapi setiap permasalahan dengan kepribadian yang kita miliki.Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk membaca pendapat yang saya berikan dan semoga dapat memberikan solusi pada kehidupan anda sehari-hari.



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gamelan Jawa

Communication

Self Development and My Job