Self Development and My Job



hai.. hai.. semuanya!!! kembali lagi bersama saya, saya akan menjelaskan tentang Self Development. Menurut Abraham Maslow adalah pengembangan diri merupakan suatu usaha individu untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi diri. 
Fase pengembangan diri seperti proses pengenalan diri. Pengembangan diri adalah proses pertumbuhan yang terjadi terus - menerus, berkembang dan selalu ada dalam diri kita masing - masing. Tujuannya untuk suatu perbaikan, optimalisasi potensi yang dimiliki dan meminimalisir kekurangan yang ada dalam diri. Ini lah gambar siklus pengembangan diri atau personal development

Faktor yang mempengaruhi pengembangan diri seseorang semakin meluas dengan perkembangan tersebut. Yang berpengaruh adalah keluarga (semakin bertambahnya usia) ada pula yang berpengaruh kepada teman, kelompok, organisasi hingga masyarakat. selain itu media komunikasi juga berperan dalam self-development kita. 

1. Self Awareness atau Kesadaran Diri adalah kapasitas untuk introspeksi dan kemampuan untuk mengenali diri sendiri sebagai individu yang terpisah dari lingkungan dan orang lain. Konten dalam kesadaran diri antara lain Biologi, Psikologi, Filsafat, Kedokteran, Teater, dan Fiksi Ilmiah. 

2. Self Knowledge atau Pengetahuan Diri adalah komponen diri yang tepatnya konsep pribadi. Pengetahuan tentang diri seseorang dan sifat seseorang dan keinginan untuk mencari ilmu terhadap perkembangan konsep diri.

3. Identity atau Identitas adalah sebagai karakteristik yang khas setiap individu atau kelompok. Dapat dibedakan menjadi dua, yaitu label dan tindakan sendiri. Identitas terbaik ditafsirkan sebagai relasional dan kontekstual.

4. Potential atau Potensi adalah mengacu pada kemampuan yang belum direalisasi. Digunakan dalam berbagai bidang, menunjukan keadaan yang mampu mengubah cara, mulai dari perlepasan sederhana energy dengan objek untuk realisasi kemampuan.

5. Human Capital atau Modal Manusia adalah saham dari kompetensi, pengetahuan, kebiasaan, atribut sosial dan kepribadian termasuk kreatifitas, kemampun kognitif dalam kemampun untuk melakukan pekerjaan sehingga menghasilkan nilai ekonomi.

6. Quality of Life atau Kualitas Hidup adalah kualitas yang dirasakan dari kehidupan individu, yaitu penilaian kesejahteraan mereka. Mencakup semua aspek emosional, sosial, dan fisik kehidupan individu.

7. Dreams atau Mimpi adalah gambar,emosi, dan sensasi yang terjadi tanpa sengaja dalam pikiran. Isi dan tujuan mimpi tidak bisa dipahami secara definitive meskipun telah menjadi topic spekulasi ilmiah, serta subjek kepentingan filosofis dan agama.

Sekarang penjelasan tentang SWOT. Apakah itu SWOT???berikut adalah penjelasannya:
 

S = Strength
W= Weakness
O =Opportunity
T  = Threat




 sekian dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian. Terimakasih 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gamelan Jawa

Communication