Communication

haiiiii...!! semuanya, hari ini saya akan berbagi cerita tentang Communication. Apa itu Communication? Menurut James A.F.Stoner, communication adalah proses seseorang untuk berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Menurut Professor Drs. H.A.W. Widjaya mengatakan communication adalah hubungan kontak antara manusia secara individu maupun kelompok. Menurut William F.Glueck menjelaskan communication dapat dibagi menjadi dengan dua bentuk. yaitu Interpersonal Communications / komunikasi antarpribadi adalah proses pertukaran informasi antara dua orang atau lebih dalam suatu kelompok kecil. Organization Communications adalah proses pembicara secara sistematis memberikan informasi dan memindahkan kepada orang dalam organisasi.

Bentuk communication

1. Komunikasi verbal adalah suatu bentuk komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan cara tertulis atau dengan cara lisan. Adapun arti yang lainnya dari komunikasi verbal yaitu sebuah proses penyampaian pikiran, pesan ataupun perasaan seseorang kepada orang lain dengan memakai simbol yang menggunakan sebagai medianya, dan media yang umumnya digunakan yaitu bahasa, karena bahasa dapat menerjemahkan pikiran seseorang kepada orang lain. Komunikasi verbal yang melalui lisan bisa di sampaikan kepada penerima informasi dengan menggunakan media, contohnya menyampaikan informasi melalui telepon dan komunikasi verbal yang melalui tulisan dilakukan secara tidak langsung antara yang menyampaikan informasi (komunikator) dan penerima informasi (komunikan), misal komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan media seperti surat-menyurat.

2. Komunikasi non verbal adalah kebalikkan dari komunikasi verbal yaitu suatu proses dari komunikasi yang penyampaian informasi atau pesannya tidak memakai kata-kata komunikasi sering disebut dengan bahasa isyarat. Bentuk dari komunikasi non verbal memakai gerakan seperti misalnya: bahasa tubuh, ekspresi wajah, dengan kontak mata. 
Contoh :
  • Menggunakan bahasa tubuh, misalnya bersalaman,sentuhan, mengangguk - anggukkan kepala.
  • Dengan ekspresi wajah, misalnya dengan senyuman, tertawa.
  • kejadian ketika dua orang melihat mata satu sama lain pada saat yang sama. Kontak mata merupakan salah satu bentuk komunikasi non verbal yang disebut okulesik dan memiliki pengaruh yang besar dalam perilaku manusia. Frekuensi dan arti kontak mata sering bervariasi dalam berbagai budaya manusia


Secara umum tujuan communication

1. Yang disampaikan dapat dimengerti. Menjelaskan pesan utama dengan jelas dan sedetail mungkin.
2. Dengan melakukan komunikasi, setiap individu dapat memahami individu yang lain dengan kemampuan mendengar apa yang dibicarakan orang lain.
3. Komunikasi dan pendekatan persuasif kita mampu membangun persamaan presepsi dengan orang. 

Dalam manfaat dan dampak yang ditimbulkan communication memiliki fungsi-fungsi yang sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. 
Fungsi communication :

1.Sumber adalah penyampaian pesan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri.
2. Komunikator adalah pelaku penyampain pesan yang berupa individu  sedang berbicara atau penulis, dapat juga berupa kelompok orang, organisasi komunikasi seperti televisi, radio, film, dan surat kabar.
3. Pesan adalah keseluruhan yang disampaikan oleh komunikator. Pesan mempunyai tema utama sebagai pengarah dalam usaha mengubah sikap dan tingkah laku orang lain. 
4. Channel adalah yang digunakan dalam menyampaikan pesan. Saluran atau channel komunkasi berupa saluran formal (resmi) dan saluran informal (tidak resmi). Saluran formal adalah saluran yang mengikuti garis wewenang dari suatu organisasi, seperti komunikasi antara pimpinan dan bawahannya, sedangkan saluran informal adalah saluran yang berupa desas-desus, kabar burung dan kabar angin.

Demikian pengetahuan dari saya, semoga dapat memberikan masukan bagi teman-teman dan saya mengucapkan terima kasih.


 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gamelan Jawa

Self Development and My Job