Etika dan Etiket

Hai sobat, kembali lagi bersama saya, saya akan menjelaskan tentang Etika dan Etiket. Apa itu Etika dan Etiket? Etika berarti moral, sedangkan Etiket berarti sopan santun.

 
Macam - macam  Etika 
Ada beberapa macam Etika, yaitu :

1. Etika Filosofis

Etika dipandang dari sudut filsafat. Kata filosofis berasal dari kata philosophis yang asalnya dari bahasa Yunani yakni philos yang berarti cinta, dan sophia yang berarti kebeneran atau kebijaksanaan. Etika filosofis adalah etika yang menguraikan pokok-pokok etika atau moral menurut pandangan filsafat. Dalam filsafat yang diuraikan terbatas pada baik-buruk, masalah hak-kewajiban, maslah nilai-nilai moral secara mendasar. Disini ditinjau hubungan antara moral dan kemanusiaan secraa mendalam dengan menggunakan rasio sebagai dasar untuk menganalisa.

2. Etika teologis
Etika teologis adalah etika yang mengajarkan hal-hal yang baik dan buruk berdasarkan ajaran-ajaran agama. Etika ini memandang semua perbuatan moral sebagai:
  1. Perbuatan-perbuatan yang mewujudkan kehendak Tuhan ataub sesuai dengan kehendak Tuhan.
  2. Perbuatan-perbuatan sbegai perwujudan cinta kasih kepada Tuhan
  3. Perbuatan-perbuatan sebagai penyerahan diri kepada Tuhan.
Orang beragama mempunyai keyakinan bahwa tidak mungkin moral itu dibangun tanpa agama atau tanpa menjalankan ajaran-ajaran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Sumber pengetahuan dan kebenaran etika ini adalah kitab suci.


3. Etika Diskriptif 
Etika ini berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan perilaku manusia dan kehidupan sebagai sesuatu yang bernilai. Etika ini berbicara tentang kenyataan sebagaimana adanya tentang nilai dan pola perilaku manusia sebagai suatu fakjta yang terkait dengan situasi dan realitas konkrit. Dengan demikian etika ini berbicara tentang realitas penghayatan nilau, namun tidak menilai.

Semoga bermanfaat bagi kalian. Sekian dan terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gamelan Jawa

Communication

Self Development and My Job