Artikel Kesehatan Pada Tubuh

hello everybody!! comeback bersama saya, kali ini saya akan membahas tentang "Kesehatan"

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting karena menentukan sehat atau tidaknya tubuh kita. Jika kita tidak menjaga kesehatan tubuh, maka otomatis tubuh akan menjadi tidak sehat dan memudahkan penyakit untuk masuk ke dalam tubuh. Pola hidup sehat yang baik dan benar harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat, baik jasmani maupun rohani.

Di bawah ini bagaimana cara menjaga tubuh tetap sehat dan bugar yaitu sebagai berikut:
1. Istirahat yang cukup merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda.
2. Setiap pagi diusahakan selalu melakukan olahraga secara rutin atau teratur bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan sehat.
3. Selalu pastikan bahwa makanan yang di makan higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang dengan sempurna.
4. Makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan.
5. Penuhi makanan yang berserat. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri.
6. Penuhi vitamin D berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalangi virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati, dan ikan.
7. Penuhi kebutuhan cairan yang diperlukan dalam tubuh yang seperti air putih yang menyehatkan. Delapan gelas air putih perharinya merupakan jumlah yang harus kita penuhi untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.

okay itu cara-cara menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.


oke, saya akan membahas no. 5 yah

sering kita mengetahui, serat berguna untuk melancarkan pencernaan karena ia dapat mengikat air sehingga feses lebih mudah untuk dikeluarkan. Serat masih memiliki banyak manfaat lainnya yang berguna untuk kesehatan kita. Apa saja?

Sebelum membahasnya, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa itu serat.

Apa itu serat?


8 Makanan Sehat yang Tinggi Serat Larut Air
Serat merupakan kandungan dari makanan sumber nabati yang tidak dapat dicerna maupun diserap tubuh, sehingga di usus, serat dapat mengikat air dan melancarkan pencernaan. Serat terbagi dalam dua bentuk, yaitu:

1. Serat yang larut air adalah membentuk massa seperti gel. Serat larut air terkandung dalam kacang hitam, wortel, brokoli, ubi, kacang merah, oats, apel, dan flaxseed.

contoh gambar

Kacang Hitam


Wortel
manfaat wortel

Brokoli
brokoli obat diabetes alami

Ubi


Kacang Merah
mengolah kacang merah

Oats
makanan telat bangun sahur

Apel
makanan yang baik untuk ginjal

Flaxseed
Biji rami

2. Serat yang tidak larut air adalah mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan massa feses, sehingga serat tidak larut air bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami sembelit atau konstipasi. Serat tidak larut air dapat ditemukan dalam gandum, kacang-kacangan, seperti kacang hijau serta sayuran, seperti bayam, kangkung, dan kembang kol.

contoh gambar

Gandum
Hasil gambar untuk gandum

Kacang Hijau
Hasil gambar untuk kacang hijau

Bayam
Hasil gambar untuk bayam

Kangkung
Hasil gambar untuk kangkung

Kembang Kol
Hasil gambar untuk kembang kol

Apa saja manfaat serat?

Serat banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Namun, ternyata manfaat serat tidak hanya itu.

1. Melancarkan pencernaan
Serat dapat meningkatkan berat dan ukuran dari feses karena ia menyerap air, membuatnya lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan melalui anus. Feses yang keras bisa menjadi tanda bahwa Anda kurang mengonsumsi makanan berserat, jika dibiarkan terus-menerus dapat menimbulkan sembelit. Sembelit yang tidak diobati dapat berkembang menjadi wasir atau hemoroid yang dapat membuat Anda merasa sakit saat buang air besar maupun saat duduk. Beberapa serat juga difermentasi di usus besar.

Wasir atau hemorid adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala. Jika saja terdapat gejala wasir, biasanya yang sering terjadi adalah:
  • Pendarahan setelah buang air besar. Warna darah berwarna merah terang.
  • Terdapat lendir setelah buang air besar.
  • Benjolan tergantung di luar anus. Benjolan ini biasanya harus didorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Pembengkakan, rasa nyeri, dan kemerahan di sekitar anus.
  • Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.
2. Menurunkan kadar kolesterol
Serat larut air dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan sehingga kolesterol tidak sempat diserap oleh tubuh melainkan dibuang keluar tubuh melalui feses. Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan tinggi serat dapat menurunkan tekanan darah dan peradangan.

3. Membantu mengontrol kadar gula darah
Bermanfaat bagi Anda yang menderita diabetes karena serat dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga memperlambat penyerapan gula oleh tubuh, dan menyebabkan kadar gula darah tidak cepat naik.

4. Membantu mencapai berat badan normal
serat pada umumnya mengandung kalori yang lebih rendah sehingga kalori yang masuk ke tubuh Anda tidak terlalu besar. Makan makanan yang tinggi serat dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan atau mencegah Anda mengalami obesitas.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gamelan Jawa

Communication

Self Development and My Job